alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Aeromodeling Memikat Hati Rimbahayu Kusuma Astuti

18 Februari 2021, 14: 25: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Rimbahayu Kusuma Astuti saat berlatih aeromodeling belum lama ini.

Rimbahayu Kusuma Astuti saat berlatih aeromodeling belum lama ini. (RIMBAHAYU KUSUMA ASTUTI FOR RADAR SOLO)

Share this      

SOLO, Radar Solo – Berhasil mengikuti kejuaraan Liga Free Flight (FF) 2016, membuat gadis cantik asli Kalimantan Rimbahayu Kusuma Astuti, 24, semakin mendalami cabang olahraga aeromodeling. Seperti yang  diketahui, aeromodeling merupakan olahraga yang mengoptimalkan penggunaan miniatur pesawat terbang. Perkembangannya banyak mengalami kemajuan.

Rimbahayu menjelaskan, olahraga ini cukup unik. Yakni menggunakan miniatur pesawat dan kerap dijadikan sebagai hobi. Harga miniatur pesawat juga beragam, dari FIA sekitar Rp. 5 juta , DLG Rp 1,5 juta, dan FIH sekitar Rp 4,5 juta.

Dia mengaku mengenal olah raga ini melalui pameran unit kegiatan mahasiswa di kampusnya.

 “Awalnya saya tidak tertarik dengan olahraga ini, tapi teman saya selalu mengajak ke lapangan setiap sore untuk latihan. Pada akhirnya, saya penasaran dengan aeromodeling” ujar Rimbahayu pada Jawa Pos Radar Solo Selasa (9/2).

Rasa penasaran itulah yang membuat Rimbahayu ingin seperti temannya menjadi runner up dalam sebuah pertandingan di Bandung . Dia termotivasi untuk menekuni aeromodeling supaya bisa naik podium bersama.

Usahanya kini berbuah manis, meski sempat putus asa karena sempat lembur membuat miniatur pesawat DLG dan latihan di cuaca terik matahari, kecintaannya di dunia dirgantara mendorong Rimbahayu untuk tidak berputus asa.

Pada Porprov Jateng 2018 Rimbahayu mendapat medali emas di mata lomba FIA dengan 4 round poin max dan round 5 2,50 menit. Beberapa kejuaraan juga sempat diikutinya.  

Dia mengakui kesuksesannya adalah buah dari kerja keras. Menurutnya hadiah terbesar adalah dukungan dan doa dari orang tuanya.

“Berkat dukungan orang tua, saya ingin sekali memberikan hasil maksimal untuk setiap lombanya,” sambungnya

Latihan rutin tetap dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu bersama pelatih pribadi dari klub SAC Solo. Saat ini, Rimbahayu fokus hadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua yang akan digelar Oktober mendatang. Rimbahayu satu satunya perwakilan dari Solo yang akan ikut serta mewakili Jawa Tengah. (mg3/ryn/nik)

(rs/NIK/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news