alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Klaten
icon featured
Klaten

HPSN Warga Tutup Tiga TPS di Polanharjo

21 Februari 2021, 15: 34: 03 WIB | editor : Perdana

DILARANG : Warga memasang baliho larangan buang sampah di TPS Sampah di Bantaran Sungai Kapilaler, Desa Karanglo.

DILARANG : Warga memasang baliho larangan buang sampah di TPS Sampah di Bantaran Sungai Kapilaler, Desa Karanglo.

Share this      

KLATEN-Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang setiap tanggal 21 Februari ada yang berbeda di Kecamatan Polanharjo. Warga bersama aparat pemerintah, Paguyuban Bank Sampah Semut Harjo, dan AQUA Klaten melakukan penutupan terhadap tempat pembuangan sementara (TPS) sampah.

Ada tiga TPS Sampah yang ditutup, satu berada di Bantaran Sungai Kapilaler, Dukuh Gejigan Desa Karanglo. Kemudian di Dusun Turus, Desa Mendak, dan terakhir Bantaran Sungai Desa Borongan. Penutupan TPS Sampah karena ada pencemaran lingkungan dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Camat Polanharjo Joko Handoyo, mengatakan, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar menjaga lingkungan tetap bersih. Termasuk menggandeng stakeholder yang peduli terhadap lingkungan. Salah satunya Paguyuban Bank Sampah Semut Harjo di wilayahnya.

"Hari ini ada penutupan TPS Sampah di tiga desa yang dilakukan tadi. Kami berharap setelah ditutup, warga tidak membuang sampah ditempat tersebut. Karena akan menimbulkan masalah baru jika sampah dibuang sembarangan," ujarnya.

Dia meminta masyarakat dapat mengelola sampah dengan  3R, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali) dan recycle (mendaur ulang). Dengan cara tersebut sampah yang dihasilkan rumah tangga akan berkurang.

"Di bank sampah sudah sering dilakukan pelatihan bagaimana menjadikan sampah menjadi sumber pendapatan. Ke depan saya minta agar kegiatan serupa ditingkatkan untuk mengatasi masalah ini," tambahnya.

Manajer Corporate Social Responbilyti (CSR) AQUA Klaten, Rama Zakaria menambahkan, kegiatan HPSN perusahaan berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah untuk menjaga lingkungan. Salah satunya bagaimana cara mengelola sampah dengan baik dan menjaga lingkungan.

"Kami sudah lama melakukan pembinaan terhadap bank sampah. Dengan kolaborasi ini masyarakat akan dapat berperan langsung menciptakan lingkungan yang bersih dari masalah sampah," ujarnya.

Setelah melakukan penutupan TPS Sampah Paguyuban Bank Sampah Semut Harjo melakukan edukasi melalui zoom metting. (ren/oh)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news