alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

1.000 Vial Vaksin Tiba di Wonogiri, Besok Mulai Suntik Pelayan Publik

22 Februari 2021, 21: 36: 30 WIB | editor : Perdana

Satgas Covid-19 Wonogiri menunjukkan Vaksin Sinovac yang tiba di Kantor Dinkes Wonogiri, Senin (22/2) malam.

Satgas Covid-19 Wonogiri menunjukkan Vaksin Sinovac yang tiba di Kantor Dinkes Wonogiri, Senin (22/2) malam. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI - Sebanyak 1.000 vial vaksin Sinovac tiba di Wonogiri, Senin (22/2) malam. Besok, vaksinasi bagi para petugas pelayanan publik bakal mulai dilakukan.

Pantauan Jawa Pos Radar Solo di antor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri, vaksin tiba sekitar pukul 19.40. Personel pengamanan mengawal kedatangan vaksin itu dari Semarang.

Vaksin diangkut menggunakan mobil boks Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A) Wonogiri. Selain vaksin, mobil boks itu turut mengangkut alat suntik vaksin.

Forkompimda Wonogiri menunggu kedatangan vaksin tersebut. Tampak Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Wonogiri Teguh Setiyono, Kepala Dinkes Wonogiri Adhi Dharma, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, hingga perwakilan dari Kejaksaan Negeri Wonogiri menunggu kedatangan vaksin buatan Tiongkok itu.

"Besok, penyuntikan bagi petugas pelayanan publik yang berada di garda terdepan bakal dilakukan. Sudah ada jadwalnya," ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Wonogiri Teguh Setiyono.

Sasaran pertama vaksinisasi gelombang II ini adalah mereka yang sering terjun ke lapangan, seperti personel TNI/Polri hingga personel satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri. Penyuntikan vaksin kepada petugas pelayanan publik itu dijadwalkan empat hari, mulai Selasa-Jumat (23-26/2). Lokasinya dipusatkan di Gedung Giri Wahana Kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri.

"Teman-teman di OPD juga termasuk. Selain itu, petugas kecamatan juga. Sementara ini karena jumlah vaksin masih terbatas baru camat dan sekcam dulu. Yang lain menyusul," beber Teguh.

Dia menuturkan, ada 1.000 vial vaksin yang diterima Wonogiri kali ini. Jumlah itu mencukupi untuk memvaksinasi 4.250 orang sasaran. Dua kali suntik setiap sasaran, sehingga ada 8.500 dosis vaksin.

Selain 1.000 vial vaksin, Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri juga menerima 100.000 alat suntik vaksin. Nantinya, alat itu bakal segera didistribusikan ke faskes-faskes penyelenggara vaksinasi, selain juga disiapkan untuk vaksinasi terpusat besok.

Di tempat yang sama, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing mengatakan, pihaknya bersinergi dengan Pemkab Wonogiri dan Kodim 0728/Wonogiri dalam pengamanan vaksin. Aparat kepolisian tidak mau terjadi hal yang tak diinginkan terhadap vaksin tersebut. Sehingga vaksin akan diamankan dengan ketat.

"Secara berkala ada pengamanan yang kami siapkan. Termasuk oleh tim patroli yang juga akan memantau keamanan vaksin ini," kata kapolres. (al/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news