alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

Kejurnas Menembak JOSS 2021 Kebanjiran Peserta

22 Februari 2021, 22: 03: 28 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Petembak Kiky Shooting Club Izuddin Afif terjun di JOSS 2021 di lapangan tembak Jatidiri, Semarang, Minggu (21/2).

Petembak Kiky Shooting Club Izuddin Afif terjun di JOSS 2021 di lapangan tembak Jatidiri, Semarang, Minggu (21/2). (ISTIMEWA)

Share this      

SOLO – Mengawali 2021, Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Jawa Tengah tancap gas. Di bawah komando ketua umum (ketum) baru Sinyo Haryanto, kejuaraan tingkat nasional digeber secara virtual, 20-21 Februari. Yakni Kejuaraan Menembak Nasional Jateng Online Shooting Series (JOSS) 2021.

Sinyo yang terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) Pengprov Perbakin Jateng 2020 itu mengaku, JOSS 2021 untuk mewadahi sepinya kejuaraan menembak prestasi di tengah pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung, 40-45 petembak asing ambil bagian. Datang dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Mongolia, India, dan Mesir. Termasuk para atlet pelatnas dan binaan pengkab/pengkot Perbakin se-Indonesia.

“Ya baru kali ini Pengprov Perbakin Jateng mengadakan kejuaran tingkat nasional. Pesertanya di luar ekspektasi. Lebih dari 750 orang. Kami berharap dari kejuraan ini sekaligus menjaring bibit-bibit muda petembak terbaik dari Jateng,” ungkap pria yang juga ayah pembalap F1 Rio Haryanto tersebut, Senin (22/2).

JOSS 2021 mempertandingkan dua nomor, yakni tembak sasaran dan berburu. Dibagi dalam dua kategori: nasional dan regional. Nah, kategori terakhir inilah yang dihuni atlet-atlet dari luar negeri.

Nomor lomba kategori nasional, yakni 10 m air pistol women, 10 m air pistol women youth, 10 m air pistol men, 10 meter (m) air pistol men youth, 10 m air rifle women, 10 m air rifle women youth, 10 m air rifle men, 10 m air rifle men youth, 10 m air pistol participant, dan 10 m air rifle participant. Sedangkan kategori regional hanya empat nomor perlombaan. Yakni 10 m air pistol women,10 m air pistol men, 10 m air rifle women, dan 10 m air rifle men.

Prestasi membanggakan dicatat dua petembak andalan Jateng. Atlet binaan Kiky Shooting Club (KSC) Izuddin Afif meraih emas dengan 590 poin. Terjun di nomor 10 m air riffle men, dia mengalahkan Niko Alvian juga dari Jateng dengan 587 poin dan M. Adib Yulianto (Brawijaya SC) dengan 583 poin.

Ogah ketinggalan, capain gemilang ditorehkan petembak cilik asal Kota Semarang Arista Perdana Putri yang terjun di nomor 10 m air pistol women kategori regional. Tak keder hadapi petembak asing, dara manis 15 tahun tersebut meraih medali perunggu dengan 565 poin. Di bawah peraih emas asal Malaysia Nurul Syasya dengan 574 poin dan Zandraa Ganbaatar (Mongolia) dengan 566 poin.

“Luar biasa sekali Arista Perdana Putri bisa bersaing dengan atlet dari luar negeri di usianya yang masih muda. Padahal lawannya senior semua. Izuddin Afif juga menunjukkan progres bagus di nomor,” puji Sinyo.

Bagus alias Bonnie, Wakil Ketua Bidang Tembak Sasaran Pengprov Perbakin Jateng menambahkan, JOSS 2021 digelar secara virtual karena saat ini masih pandemi Covid-19. Sedikitnya 19 klaster lapangan tembak terlibat di ajang ini.

Teknis pelaksanaannya, aba-aba start dan stop dipimpin chief range officer (CRO) yang terpusat di lapangan tembak Jatidiri Semarang melalui Zoom Meeting. Tiap klaster lapangan tembak minimal ada satu kamera yang join Zoom.

“Tiap klaster diawasi juri yang menilai hasil dan melaporkannya ke tim result timing scoring (RTS) PB Perbakin. Laporan disertai foto sebagai bukti otentik. Tim RTS PB Perbakin diisi lima juri dengan seorang technical delegate yang akan mengolah hasil kejuaraan,” papar Bonnie. (fer)

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news