alexametrics
Senin, 01 Mar 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

2.400 Nakes di Karanganyar Belum Divaksin

23 Februari 2021, 07: 39: 09 WIB | editor : Perdana

Vaksinasi gelombang I di Karanganyar dimulai dari Bupati Karanganyar Juliyatmono, beberapa waktu lalu.

Vaksinasi gelombang I di Karanganyar dimulai dari Bupati Karanganyar Juliyatmono, beberapa waktu lalu. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Vaksinasi Covid-19 gelombang II di Kabupaten Karanganyar menyasar 4.500 penerima. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar telah menerima 9.000 dosis vaksin. Penyuntikan dijadwalkan mulai pekan ini.

Sasaran vaksinasi gelombang II ini adalah kepada 2.400 tenaga kesehatan (nakes) yang belum tervaksin pada gelombang I. Kemudian, kelompok lanjut usia (lansia), dan sisanya petugas pelayanan publik, mulai dari anggota TNI, Polri, dan aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Karanganyar Warsito mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi untuk mengambil vaksin tersebut. Selanjutnya disalurkan ke fasilitas kesehatan (faskes), baik ke puskesmas maupun rumah sakit yang ditunjuk melakukan vaksinasi.

”Hari ini (kemarin, Red) kami mengambil 9.000 dosis untuk 4.500 orang. Penyuntikannya dua kali,” terang Warsito, kemarin (22/2).

Dia menjelaskan, pemberian vaksin gelombang II akan memprioritaskan tenaga kesehatan dan lansia. Total ada 127.000 lansia di Kabupaten Karanganyar. Begitu juga tenaga kesehatan yang belum divaksin lantaran hipertensi, hamil, dan penyintas Covid-19. ”Target sampai bulan Mei bisa memvaksin 160.000 orang,” imbuhnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinkes Karanganyar Dwi Rusharyati menambahkan, pihaknya akan menambah faskes dan vaksinator. Pada vaksinasi gelombang I menggunakan 24 faskes. Sedangkan gelombang II ditambah menjadi 33 faskes.

”Sebanyak 33 faskes terdiri dari 21 puskesmas, delapan rumah sakit, dan 28 klinik,” terang Dwi.

Sementara itu, jumlah nakes di Kabupaten Karanganyar saat ini 4.104 orang. Dari jumlah tersebut, 3.331 orang sudah mengantongi tiket untuk vaksin Covid-19. Sisanya 773 nakes belum mendapatkan tiket tersebut.

”Perinciannya vaksinasi dosis pertama tercapai 78,5 peresn. Sedangkan vaksinasi dosis kedua tercapai 71,66 persen. Jumlah untuk yang belum mendapatkan itu, nanti akan kami usulkan ke pemerintah provinsi untuk bisa mendapatkan vaksin,” jelasnya. (rud/adi/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news