alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Wali Kota Gibran Sepakat Rumkitlap Vastenburg Jadi Lokasi Vaksinasi

27 Februari 2021, 16: 53: 59 WIB | editor : Perdana

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau lokasi Rumkitlap di kawasan Benteng Vastenburg, Sabtu (27/2).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meninjau lokasi Rumkitlap di kawasan Benteng Vastenburg, Sabtu (27/2). (ANTONIUS CHRISTIAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Kelengkapan dan kecanggihan fasilitas rumah sakit lapangan (Rumkitlap) yang berada di Benteng Vastenburg mendapat apresiasi dari Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumimg Raka. Dia juga setuju kalau faskes ini menjadi lokasi vaksinasi.

Sabtu (27/2) pagi, Gibran meninjau lokasi rumkitlap, didampingi Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Adolf Tilaar. Gibran memasuki tiap ruangan, mulai IGD, laboraturium, bangsal rawat inap, hingga ICU.

"Luar biasa sekali, fasilitas lengkap, alatnya bagus semua. Harapannya mengantisipasi ledakan Covid-19,” papar Gibran. 

Baca juga: Vaksinasi di Pasar Gede & Klewer Lancar: Tak Ada Pedagang yang Menolak

Meski telah disiapkan rumah sakit lapangan ini, dia optimistis grafik kasus Covid-19 di Kota Solo landai. Dengan demikian, rumah sakit ini untuk antisipasi dan cadangan jika terjadi ledakan. Gibran juga sependapat bila nantinya lokasi ini dijadikan lokasi pemberian vaksinasi bagi masyarakat. 

"Itu nanti koordinasinya dengan dinkes (dinas kesehatan) ya. Seperti vaksinasi guru kita rencanakan menggunakan Pendhapa Balai Kota. Saya kira di sini juga cocok dan layak," pungkas Gibran.

Sementara itu, Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Adolf Tilaar menuturkan, lokasi ini memang disiagakan bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan kasus corona. “Dua bulan lagi puasa dan Lebaran. Masyarakat punya tradisi mudik. Maka, rumah sakit untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan angka terpapar. Ini juga disampaikan Pak wali kota tadi, " ujarnya.

Setelah diresmikan, diakui danrem, belum ada pasien positif yang ditrawat di sana. Sementara untuk tenaga kesehatan, rumkitlap ini juga sebagai edukasi alih teknologi karena perlengkapan di sana portabel. Selama belum ada yang positif, danrem mengatakan, tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi masih mendapat bimbingan.

"Nakes masih mendapat bimbingan penguasaan alih teknologi karena peralatan canggih dan portabel. Apalagi selama ini bertugas di rumah sakit (konvensional), bukan rumah sakit tenda," jelasnya. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news