alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Bisa Lakukan Vaksinasi Gotong Royong, Sasaran Buruh Dibayar Perusahaan

01 Maret 2021, 12: 11: 31 WIB | editor : Perdana

Vaksinasi tahap kedua untuk pegawai pelayanan publik di salah satu rumah sakit swasta di Sukoharjo, pekan lalu.

Vaksinasi tahap kedua untuk pegawai pelayanan publik di salah satu rumah sakit swasta di Sukoharjo, pekan lalu. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Guna memperluas cakupan penanganan Covid-19, vaksinasi gotong royong segera dilaksanakan. Sasarannya adalah buruh, yang akan dibiayai oleh perusahaan.

Vaksinasi gotong royong telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Covid-19 yang ditetapkan pada 24 Februari 2021. Vaksinasi gotong royong tidak akan menganggu program vaksinasi nasional Covid-19 pemerintah.

”Vaksinasi gotong royong ini tentunya tidak akan menganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang dijalankan oleh pemerintah,” kata Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukoharjo Budi Santosa.

Baca juga: Boyolali Siapkan Buka PTM Juli, Tunggu Vaksinasi Guru Rampung

Vaksin gotong royong akan diberikan secara gratis untuk karyawan dan buruh. Setiap perusahaan yang akan melaksanakan vaksinasi ini harus bertanggung jawab terhadap pendanaan. Serta melaporkan jumlah peserta vaksinasi gotong royong.

”Vaksinasinya yang akan membiayai perusahaan,” beber Sekda.

Sama dengan vaksinasi yang dijalankan pemerintah, setiap orang yang telah diberikan vaksinasi gotong royong akan memperoleh kartu vaksinasi Covid-19 atau sertifikat elektronik. Terkait dengan penanangan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) untuk vaksin gotong royong, akan sama dengan penanganan KIPI untuk program vaksinasi pemerintah.

”Vaksinnya di luar jenis vaksin yang sedang dilaksanakan pemerintah, tapi wajib izin BPOM yang diimpor oleh PT Biofarma yang ditunjuk pemerintah,” tandasnya. (kwl/adi/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news