alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Warga Gonilan Nekat Curi Mobil Rekan Bisnis, Kunci Asli Ditilep Dulu

08 Maret 2021, 06: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Pelaku pencuri Honda Brio ditangkap polisi. Pelaku nekat mencuri mobil karena terlilit utang.

Pelaku pencuri Honda Brio ditangkap polisi. Pelaku nekat mencuri mobil karena terlilit utang.

Share this      

BOYOLALI - Niat jahat bisa muncul kapan pun, apalagi ketika galau berat karena terlilit utang. Doni Saputro, 36, warga Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo awalnya hendak menyewa sebuah mobil untuk menambah jumlah armada di rental mobil milik temannya. Namun, niat itu berubah karena terdesak masalah utang. 

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond melalui KBO Satreskrim Polres Boyolali Iptu Wikan Sri Kadiyono mengungkapkan, pelaku semula ingin bekerja sama dalam bidang sewa menyewa mobil dengan Riny Mismayanti, 34. Pelaku kemudian mendatangi tempat usaha Riny di kawasan Jalan Aru-Aru, Pengging, Kecamatan Banyudono untuk mengambil mobil yang hendak disewakan lagi itu.

"Saat mendatangi korban untuk mengambil mobil, pelaku bersama Riyan yang saat ini masih DPO (daftar pencarian orang)," ujar Wikan. 

Baca juga: Museum Sangiran Dibuka Akhir Maret, Petugas Wisata Prioritas Divaksin

Sebelum menyerahkan mobilnya, korban terlebih dulu memberikan kunci duplikat kepada Riyan. Sedangkan kunci aslinya masih terletak di atas meja. 

Saat itu, korban sempat ke belakang. Kesempatan itu pun dimanfaatkan para pelaku untuk mengambil kunci asli Honda Brio tanpa sepengetahuan korban. 

Sesaat kemudian, korban merasa kunci mobilnya hilang. Korban pun sempat menanyakan keberadaan kunci kepada para pelaku. Namun, baik Doni maupun Riyan  mengaku tak mengetahui keberadaan kunci. 

"Pelaku kemudian pergi membawa mobil korban dengan dua kunci. Satu kunci duplikat dan satu asli," kata Wikan.

Sewa mobil itu hanya berlangsung sepekan. Pelaku pun mengembalikan mobil beserta STNK dan kunci duplikat kepada korban. Selang sebulan setelah kejadian itu, pelaku mendatangi ruko korban untuk mencuri mobil Honda Brio yang pernah disewanya. 

"Dengan alasan butuh uang, kemudian pelaku mencuri mobil korban dengan kunci mobil yang diambil sebelumnya," ujar dia.

Menurut Wikan, pencurian itu terjadi pada awal Februari 2021 di Banyudono. Kemudian pelaku berhasil diamankan di bulan yang sama di Kartasura.

"Modusnya karena faktor ekonomi. Pelaku memiliki utang. Berniat menjual mobil itu untuk membayar uutang. Sebelum mobil dijual, pelaku berhasil diamankan. Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun," jelasnya.

Sementara itu, Doni, mengaku mencuri mobil warga Boyolali itu untuk membayar utang. "Mengambil mobil itu dengan kunci yang didapat di tempat korban," pungkasnya. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news