alexametrics
Rabu, 12 May 2021
radarsolo
Home > Ekonomi & Bisnis
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Tarif GeNose Jadi Rp 30 Ribu, Ini 23 Stasiun yang Layani Tes

19 Maret 2021, 05: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Pemeriksaan GeNose di Stasiun Solo Balapan belum lama ini.

Pemeriksaan GeNose di Stasiun Solo Balapan belum lama ini. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Mulai 20 Maret, tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami penyesuaian menjadi Rp 30 ribu. Sebelumnya selama sebulan prelaunching, tarif pemeriksaan GeNose C19 senilai Rp 20 ribu.

Di lain sisi, Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah lokasi pemeriksaan GeNose C19 secara bertahap untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

“Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan terintegrasi dengan ticketing system KAI, sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 penumpang tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas. Saat ini, fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Supriyanto kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Baca juga: MAKI Minta Mobil Mewah Milik Tersangka Korupsi Asabri segera Dilelang

KAI juga akan menambah sembilan stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Enam stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dan Farmalab, anak perusahaan Indofarma. Yaitu di Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan. Sementara tiga stasiun lainnya adalah kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo, yaitu Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

“Di wilayah Daop 6 Jogjakarta, penambahan lokasi pemeriksaan akan berada di Stasiun Lempuyangan. Penambahan lokasi pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Lempuyangan ini bermanfaat untuk membagi masyarakat penumpang kereta api (KA) yang selama ini terkonsentrasi di stasiun Jogjakarta,” terang Supriyanto.

Dengan adanya penambahan layanan tersebut, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya hanya tersedia di 14 stasiun, yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Jogjakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh,” imbuhnya.

Ditambahkan Supriyanto, sejak awal layanan pemeriksaan GeNose C19 berjalan lancar. Ini sebagai komitmen KAI untuk melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, serta memberikan perjalanan KA yang aman dan sehat.

“Kami juga mengimbau kepada penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Untuk memutus penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api,” pungkasnya. (aya/wa/ria)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news