alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Nekat Mudik ke Solo, Pemudik Wajib Masuk Karantina Solo Technopark

06 April 2021, 21: 12: 40 WIB | editor : Perdana

Solo Technopark disiapkan bagi warga Kota Bengawan yang nekat mudik pada Lebaran tahun ini.

Solo Technopark disiapkan bagi warga Kota Bengawan yang nekat mudik pada Lebaran tahun ini. (M. IHSAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Larangan mudik Lebaran dari pemerintah pusat langsung ditindaklanjuti Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Warga yang nekat mudik ke Solo bakal digiring masuk rumah karantina di Solo Technopark (STP).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengatakan, penyiapan STP sebagai rumah karantina dilakukan sebagai salah satu upaya menyikapi larangan mudik dari pemerintah pusat. Mengingat lokasi itu sebelumnya sudah digunakan sebagai rumah karantina.

“Pemerintah sudah jelas melarang mudik. Jadi kami harus mendukung pemerintah dengan menyiapkan rumah karantina,” tegas Gibran, Selasa (6/2).  

Baca juga: Habib Syech Doakan Sumur Artesis di Lereng Merapi

Penetapan STP sebagai rumah karantina pemudik itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Jilid V, yang berlaku mulai 5-18 April. Dalam SE perpanjangan itu, pemkot sepakat mengamini larangan mudik Lebaran yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. 

“Kebijakan larangan mudik tetap tidak berubah. Ini mengacu keputusan pemerintah pusat. Termasuk larangan mudik bagi ASN (aparatur sipil negara). Soal lokasi karantina sudah kami disiapkan. Sarana dan prasarana sudah lengkap, tinggal digunakan untuk karantina,” terang Gibran. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta Ahyani menambahkan, pemkot sudah memiliki mekanisme penanganan bagi masyarakat yang tidak patuh pada aturan itu. Rumah karantina sudah disiapkan di STP.

“Pemudik sampai Solo kan tidak mungkin bisa disuruh putar balik. Makanya disiapkan tempat untuk karantina pemudik di Solo Technopark,” kata Ahyani yang juga ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Selasa (6/4). 

Sekadar informasi, rumah karantina di Solo Technopark memiliki kapasitas lebih dari 200 tempat tidur. Fasilitas itu akan dimanfaatkan pemudik yang dinyatakan aman dari Covid-19. Sementara bagi pemudik yang dinyatakan positif akan langsung dilarikan ke Asrama Haji Donohudan. 

“Bagi yang nekat mudik, kami wajibkan membawa surat keterangan sehat, hasil swab, dan lainnya dari dinas terkait. Untuk mempersempit ruang gerak pemudik, di perbatasan juga akan dilakukan screening,” beber sekda. (ves/bun/ria)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news