alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Pemda Sukoharjo Kebut Raperda Pengarusutamaan Gender

08 April 2021, 15: 02: 06 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

PERCEPAT PROGRAM: Bupati Etik Suryani beri sambutan di kegiatan pemkab belum lama ini.

PERCEPAT PROGRAM: Bupati Etik Suryani beri sambutan di kegiatan pemkab belum lama ini. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO - Sebagai bentuk komitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pemkab mempercepat penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengarusutamaan Gender (PUG) 2021 dan Pembuatan Rancangan Aksi Daerah PUG. 

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menuturkan, beragam upaya dilakukan untuk percepatan implementasi PUG. Salah satunya melalui dukungan regulasi, yaitu berupa Raperda PUG 2021 dan Pembuatan Rancangan Aksi Daerah PUG yang sudah dianggarkan pada APBD Sukoharjo 2021.

“Tahun ini juga akan dilaksanakan pelatihan perencanaan penganggaran berbasis gender (PPBG) untuk seluruh perangkat daerah dan kecamatan se-Kabupaten Sukoharjo," kata Etik, Selasa (6/4).

Baca juga: Yamaha Nmax, Luwes Untuk Dimodifikasi dan Perhatikan Aspek Fungsional

Ditambahkannya, setiap tahun, pemkab rutin menganggarkan dan melaksanakan kegiatan peningkatan peran perempuan. Di antaranya pelatihan di bidang politik, ekonomi dan pertemuaan koordinasi dengan organisasi perempuan se-Kabupaten Sukoharjo.

"Saat ini di Kabupaten Sukoharjo sudah ada beberapa perempuan yang menjadi kepala OPD, anggota DPRD, camat. Ini artinya bahwa peran kaum perempuan sudah pantas disejajarkan dengan kaum laki-laki," ucapnya. 

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19, pemkab melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB P3A) dmenggandeng Pemprov Jateng, telah melakukan kegiatan pembuatan hand sanitizer, masker dan face shield, yang melibatkan kelompok perempuan se- Kabupaten Sukoharjo.

Merujuk data Sukoharjo Dalam Angka 2020 yang diterbitkan BPS Sukoharjo, dari total jumlah PNS di Kota Makmur sebanyak 7,737, jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki. 

Rinciannya, dari fungsional tertentu 62,7 persen; fungsional umum 27,9 persen; eselon IV sebesar 7,2 persen; eselon III sebanyak 2 persen dan eselon I hanya 0,3 persen. (kwl/wa) 

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news