alexametrics
Kamis, 15 Apr 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

Hujan Semalaman Robohkan Rumah, Pohon Tumbang Timpa Warga

08 April 2021, 20: 26: 34 WIB | editor : Perdana

Relawan Karangpandan dan BPBD Karanganyar mendata bangunan dapur milik warga Karangpandan yang roboh, Kamis (8/4) siang.

Relawan Karangpandan dan BPBD Karanganyar mendata bangunan dapur milik warga Karangpandan yang roboh, Kamis (8/4) siang. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Hujan yang mengguyur wilayah Karanganyar sejak Rabu (7/4) malam, menumbangkan sejumlah pohon besar di beberapa lokasi. Selain itu, hujan dan angin juga merobohkan rumah warga.

Salah satu rumah yang roboh adalah milik Warsono, 54, warga Desa Doplang, Kecamatan Karangpandan. Rumah Warsono rusak di bagian dapur.

Peristiwa tersebut terjadi Kamis sekitar pukul 05.00. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut, namun pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta - Rp 10 juta lantaran bangunan atap dapur dan sebagian temboknya roboh.

Baca juga: 746.896 Guru Telah Divaksin Dosis Pertama

“Dari kemarin sore hujan. Kalau lebatnya sih tidak, mungkin karena kayu yang digunakan untuk pembangunan dapur tersebut tidak kuat menahan genting. Dan kemungkinan memang sudah lapuk,” terang salah satu relawan Karangpandan, Ade kepada Jawa Pos Radar Solo.

Usai mendengar kejadian rumah roboh tersebut, relawan Karangpandan dan anggota BPBD langsung mengecek lokasi. Bantuan logistik juga telah diberikan untuk warga yang melaksanakan kerja bakti. 

"Yang rusak itu tadi barang-barang peralatan dapur. Tembok dapur juga roboh. Sebagian tembok kamar mandi yang di dekat dapur juga roboh. Beruntung, kandang yang ada di belakang dapur enggak roboh. Di dalam kandang itu ada ternak," tutur dia.

Ade menceritakan detik-detik sebelum atap dapur Warsono roboh. Di mana sesaat sebelum kejadian, Warsono sempat ke dapur untuk membuat minuman. Setelah itu, dia beranjak ke teras untuk duduk dan minum.

"Begitu duduk itu, dia ceritanya dengar suara 'mak bruk'. Setelah dilihat, ternyata atap dapurnya roboh. Rumah dihuni satu keluarga. Tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah berencana mengganti bangunan dapur, karena memang tidak ada yang bisa diselamatkan," jelasnya.

Di lokasi lain, pohon tumbang di Jalan Palur-Sragen, tepatnya di wilayah Ngringo, Jaten, Kamis (8/4) dini hari, menimpa salah seorang warga yang saat itu tengah melintas.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Sundoro Budi Katyanto mengharapkan, semua pihak yang ada di berbagai wilayah yang rawan bencana untuk selalu mengantisipasi adanya bencana lainnya.

“Kami sudah koordinasikan dengan beberapa instansi terkait, khususnya memantau pohon yang ada di pinggir jalan yang rawan roboh untuk bisa dilakukan pemangkasan. Sehingga tidak membahayakan pengendara,” terang Sundoro. (rud/nik/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news