alexametrics
Rabu, 12 May 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Jelang Pelarangan Mudik: Sehari, 3 Ribu Kaum Boro Tiba di Wonogiri

03 Mei 2021, 20: 08: 34 WIB | editor : Perdana

Penumpang bus AKAP jalani rapid test antigen di Terminal Giri Adipura Wonogiri, kemarin.

Penumpang bus AKAP jalani rapid test antigen di Terminal Giri Adipura Wonogiri, kemarin. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Jelang pemberlakuan pelarangan mudik mulai 6 Mei, gelombang pemudik terus terjadi. Lonjakan penumpang terjadi di Terminal Giri Adipura Wonogiri. Guna mengantisipasi penularan Covid-19, satgas penanganan Covid-19 setempat melakukan skrining penumpang yang tiba di terminal.

Berdasarkan data di terminal, pada Minggu (2/5) lalu, jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) mencapai 3.086 orang. Ribuan penumpang tersebut naik 139 bus. Kaum boro ini mayoritas berasal dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Berdasarkan data terminal tahun ini, baru kali ini jumlah penumpang kedatangan tembus 3.000 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang bus AKAP yang berangkat ke perantauan terpaut jauh. Hanya 1.233 orang yang berangkat ke perantauan dengan menumpang 108 armada bus. 

Baca juga: Komunitas All New Ertiga Indonesia Jateng Bagi Takjil di 5 Kota

Sehari sebelumnya atau Sabtu (1/5), jumlah penumpang kedatangan bus AKAP mencapai 2.154 orang. Mereka menumpangi 117 armada bus. Di hari yang sama, 1.070 orang penumpang berangkat ke luar daerah dengan menaiki 114 armada bus.

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto mengatakan, di setiap akhir pekan jumlah penumpang kedatangan memang biasanya ramai. Hal itu karena adanya kaum boro yang biasanya pulang sepekan sekali ke Kota Sukses. Dia tidak bisa berspekulasi, apakah besok (4/5) masih akan terjadi lonjakan jumlah penumpang datang dari kota-kota besar. Atau malah terjadi lonjakan jumlah penumpang berangkat menuju kota-kota besar.

“Bisa saja jumlah penumpang kedatangan berangsur normal ataupun bisa saja naik lagi. Datanya masih kami olah dan besok baru keluar. Kan ada juga kedatangan malam,” paparnya, Senin (3/4).

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri untuk melakukan skrining bagi penumpang datang di Terminal Giri Adipura. Pihaknya siap mendukung satgas dalam upaya memutus mata rantai penyebaran korona.

“Petugas kami siapkan. Jadi saat ada skrining, petugas gabungan meminta para penumpang turun untuk mengikuti skrining,” kata dia.

Pihaknya juga sudah mengimbau agar para penumpang bisa menerapkan protokol kesehatan, baik di dalam bus ataupun saat tiba di daerah tujuan. Selain itu, juga ditempatkan petugas untuk melakukan skrining menggunakan GeNose, alat deteksi Covid-19. Setiap hari, 10 orang penumpang datang secara sampling ditunjuk untuk dites GeNose.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, Satgas Penanganan Covid-19 Wonogiri melakukan skrining para penumpang AKAP yang tiba di terminal. Dalam sehari ditargetkan 150 hingga 200 penumpang secara sampel jalani rapid test antigen di Terminal Giri Adipura Wonogiri. (al/bun/ria) 

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news