alexametrics
Rabu, 12 May 2021
radarsolo
Home > Sukoharjo
icon featured
Sukoharjo

Masjid di Banmati Jadi Klaster Covid: Temukan Pelanggaran Prokes

03 Mei 2021, 20: 30: 34 WIB | editor : Perdana

Koordinasi unsur Forkompimda Sukoharjo tangani penyebaran Covid-19 di Banmati, Sukoharjo Kota.

Koordinasi unsur Forkompimda Sukoharjo tangani penyebaran Covid-19 di Banmati, Sukoharjo Kota. (ISTIMEWA)

Share this      

SUKOHARJO – Dua jamaah yang menjdi kontak erat imam masjid di Banmati, Sukoharjo Kota dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test antigen, Senin (3/5). Hasil penelurusan Satas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan ibadah di masjid setempat. 

Pelaksana tugas (Plt) Camat Sukoharjo Kota Havid Danang menuturkan, sebanyak 27 orang yang kontak erat dengan imam masjid telah menjalani rapid test antigen di Puskesmas Pembantu Sukoharjo Kelurahan Begajah. 

“Jamaah yang datang plus keluarga sebanyak 27 orang. Sebanyak 24 orang rapid test antigen dan tiga PCR," ujar camat, Senin (3/5). 

Baca juga: Selasa, Pengumuman Juara Angkringan Nusantara Bersama Intra Jahe Wangi

Hasil rapid test antigen, dua jamaah reaktif dan ditindaklanjuti dengan swab PCR. "Jamaah yang belum di-rapid test antigen akan ditunggu hingga Kamis (6/5)," terangnya. 

Lebih lanjut diterangkan Havid, penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di sekitar lingkungan masjid dan tinggal imam masjid. Namun, lingkungan RT setempat tidak di-lockdown.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo Yunia Wahdiyati menuturkan, penyebaran Covid-19 di kalangan jamaah masjid di Banmati dinyatakan sebagai klaster. Satgas juga menemukan pelanggaran prokes saat ibadah. “(Saling) berdekatan dan tidak memakai masker,” kata dia. 

Ditambahkan Yunia, dua jamaah yang reaktif berasal dari dua rumah berbeda dalam satu RT. Maka RT tersebut statusnya menjadi zona risiko sedang (oranye). Salah satu strategi penanganannya, yaitu menutup sementara masjid setempat untuk dilakukan sterilisasi. (kwl/wa/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news