alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Misi Pencarian Mulut Luweng, Ini Fungsinya bagi Warga Kawasan Karst

11 Mei 2021, 11: 10: 59 WIB | editor : Perdana

Alat berat dikerahkan untuk mengeruk permukaan tanah yang diperkirakan terdapat mulut luweng.

Alat berat dikerahkan untuk mengeruk permukaan tanah yang diperkirakan terdapat mulut luweng. (ISTIMEWA)

Share this      

WONOGIRI - Dampak tersumbatnya mulut luweng kerap dirasakan warga sejumlah desa di Kecamatan Pracimantoro. Permukiman mereka tergenang ketika musim hujan datang. Sebagai solusinya, dilakukan pencarian mulut luweng yang “hilang”. 

Sebenarnya, mulut luweng itu tidak hilang. Namun, tertimbun tanah dan sampah sehingga wujudnya sudah tak tampak. “Belum lama ini kami mencari mulut luweng dan berhasil menemukan di beberapa titik,” jelas Camat Camat Pracimantoro Warsito.

Tercatat, empat mulut luweng ditemukan di dua desa berbeda. Tiga titik mulut luweng berada di Desa Sumberagung.  Masing-masing di Dusun Klepu, Pakem, dan Mesu. Satu Luweng lainnya ditemukan di Dusun Joho Kidul, Desa Joho.

Baca juga: Gibran Akui sudah Punya Strategi Tuntaskan Kawasan Kumuh di Solo

Alat berat dikerahkan untuk mengeruk lokasi yang diduga merupakan titik mulut luweng berdasarkan keterangan sesepuh desa setempat. “Pencarian mulut luweng sudah selesai. Ternyata berfungsi optimal. Sempat hujan deras setelah luweng ketemu, tapi ternyata tidak terjadi genangan air. Air hujan masuk ke luweng semuanya. Aman dari banjir,” papar Warsito.

Sebelum mulut luweng ditemukan dan dibersihkan, setiap hujan deras, warga setempat selalu waswas rumahnya kebanjiran. “Sempat hujan derese ra umum (derasnya luar biasa), tapi warga sudah tenang karena mulut luweng telah terbuka. Kami sangat bersyukur dengan penemuan beberapa mulut luweng ini,” imbuh camat.

Meskipun begitu, bukan berarti misi pencarian mulut luweng sukses 100 persen. Pencarian mulut luweng di Dusun Dompol, Desa Petirsari nihil. Permukaan tanah sudah dikeruk dengan kedalaman beberapa meter, tapi si mulut luweng tak kunjung terdeteksi. Sebagai solusi banjir di wilayah setempat, akhirnya dibuat saluran air. (al/wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news