alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Karanganyar
icon featured
Karanganyar

40 Ibu Hamil Positif Covid, Jalani Isolasi Mandiri Menunggu Persalinan

09 Juni 2021, 21: 48: 23 WIB | editor : Perdana

Ilustrasi penderita Covid-19

Ilustrasi penderita Covid-19 (JawaPos.com)

Share this      

KARANGANYAR - Sebanyak 40 ibu hamil (bumil) di Karanganyar masih menderita Covid-19 aktif. Belum diketahui jelas penyebab puluhan ibu hamil tersebut tertular. Tim satgas masih melakukan tracing terhadap orang yang kontak dekat dengan para ibu hamil ini.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar Purwati mengatakan, sejak Januari lalu, terdapat 80 ibu hamil di Karanganyar yang terkonfirmasi Covid-19. Namun, secara bertahap terus turun. Dan Juni ini masih ada 40 ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mereka saat ini menjalani isolasi mandiri, dengan pengawasan dari tim gugus tugas di kecamatan dan desa,” ujar Purwati, Rabu (9/6).

Baca juga: Lawan PSG Pati di Laga Perdana Piala Walikota, Persis Pede Menang

Dinkes belum mengetahui para ibu hamil tersebut tertular dari mana. Mereka diketahui terpapar Covid-19 setelah diperiksa di puskesmas dan rumah sakit.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar Juliyatmono mengatakan, ibu hamil merupakan prioritas utama dalam mendapatkan perhatian dari tim satgas di kecamatan maupun desa. Sebab, mereka rentan terhadap penularan Covid 19. Ini bisa menimbulkan beberapa gejala yang berakibat kepada janin.

“Sebelum masa persalinan, paling tidak sebulan atau dua bulan, ibu hamil tersebut agar dilakukan swab test. Bila terkonfirmasi positif, akan ditindaklanjuti agar proses persalinan lancar. Ibu dan bayi sehat dan tidak terkena Covid,” tegas bupati.

Sebelumnya, pemerintah telah menyediakan tempat bagi ibu hamil yang terpapar Covid-19 di rumah. Yakni di RSUD Karanganyar dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah. (rud/bun/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news