alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Wonogiri
icon featured
Wonogiri

Uji Coba Tahap III Lancar, Wonogiri Tinggal Tunggu Perintah Mulai PTM

10 Juni 2021, 06: 20: 59 WIB | editor : Perdana

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Ngadirojo memantau uji coba PTM di SDN 2 belum lama ini.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Ngadirojo memantau uji coba PTM di SDN 2 belum lama ini. (IWAN ADI LUHUNG/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap III di Wonogiri diklaim berjalan lancar. Dinas terkait masih menunggu regulasi penerapan PTM pada 12 Juli dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri Gino menuturkan, uji coba PTM tahap III yang digelar pada 24 Mei hingga 7 Juni secara umum berjalan lancar. Meskipun di Kecamatan Tirtomoyo uji coba PTM harus tertunda karena sempat masuk zona merah.

“Ada 95 sekolah yang mengikuti (uji coba PTM), 62 SD, dan 33 SMP. Secara umum lancar,” ujarnya.

Baca juga: Ini Gedung Audio Visual Karanganyar Senilai Rp 900 Juta, Mirip Bioskop

Menurut Gino, berdasarkan rapat koordinasi di tingkat nasional, bagi sekolah yang gurunya sudah menjalani vaksinasi Covid-19, wajib menyediakan PTM bagi muridnya. Sementara sekolah yang gurunya belum divaksin harus menyediakan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Meskipun nanti pada 12 Juli pemerintah pusat sudah membuka kran untuk PTM, keputusannya tetap dari pemerintah daerah. Apakah dibuka semua sekolah atau sebagian," terangnya.

Syarat lain digelarnya PTM yakni menyediakan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan (prokes) di sekolah, guna meminimalkan potensi penularan Covid-19. Bagaimana dengan kesiapan sekolah di Kota Sukses? Gino menyebut, di 773 SD dan 118 SMP telah melengkapi sarana penunjang prokes.

“Siapnya bervariasi. Mungkin juga ada yang perlu pembenahan sedikit," ucap dia.

Pembenahan yang dimaksud yakni ketersediaan tempat cuci tangan dengan air sabun. Fasilitas itu harus disesuaikan jumlah murid dan tidak menimbulkan kerumunan saat mencuci tangan.

“Kami masih menunggu regulasi lebih lanjut akan seperti apa (pelaksanaan PTM) dari satgas maupun pemerintah daerah," katanya. (al/wa/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news