alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Baluwarti Jadi Kelurahan Ramah Lansia, Wawali: Lainnya Jangan Latah

10 Juni 2021, 00: 38: 04 WIB | editor : Perdana

Ketua Tim PKK Surakarta Selvi Ananda meninjau stand penjualan produk lansia Kelurahan Baluwarti

Ketua Tim PKK Surakarta Selvi Ananda meninjau stand penjualan produk lansia Kelurahan Baluwarti (HUMAS PEMKOT SURAKARTA)

Share this      

SOLO – Dengan meningkatnya harapan hidup warga Solo dari usia 68 ke 71 tahun, pemkot bakal menyiapkan infrastruktur bagi warga lanjut usia (lansia) agar tetap produktif dan mandiri. Hingga saat ini, baru dua kelurahan di Kota Solo yang mencanangkan Kelurahan Ramah Lansia.

Dua kelurahan tersebut yakni yakni Kelurahan Mojo dan yang terbaru adalah Baluwarti. Pencanangan Kelurahan Baluwarti sebagai Kelurahan Ramah Lansia dilakukan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Dalem Mloyokusuman, Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Rabu (9/6). Selain itu, juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta Selvi Ananda.

Meski baru dua wilayah, Teguh mengingatkan kelurahan-kelurahan lain agar tak langsung latah ikut-ikutan mendeklarasikan diri sebagai Kelurahan Ramah Lansia.  Dia menegaskan, kelurahan harus memastikan kesiapan fasilitas dan infrastruktur dahulu, dengan menyusun program kerjanya. 

Baca juga: Bupati Sukoharjo Minta Masyarakat Bersabar Tunggu Giliran

“Infrastruktur disiapkan dulu, kemudian programnya apa saja. Otomatis ada tambahan anggaran di kelurahan,” jelas Teguh yang juga menjabat ketua Komda Lansia Kota Surakarta.

Untuk menuju ke lansia produktif, menurut Teguh, harus ada upaya guna menggenjot lewat berbagai program. Tujuannya untuk melatih kemandirian.  

“Lansia yang mandiri dan tidak tergantung orang lain, itu yang penting. Produktif tidak harus berarti bisa menghasilkan tambahan nilai dan tambahan untuk ekonomi rumah tangga. Tapi lebih pada kemandirian untuk hidup tidak tergantung pada anak cucunya maupun tetangganya,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Baluwarti Triatmo Hamardiyoni mengatakan, kegiatan Lansia Sejahtera Kelurahan Baluwarti melibatkan 65 lansia produktif dilihat dari kegiatan UMKM. Sedangkan jumlah yang terdaftar 650 warga dari 702 warga lansia yang ada. 

“Para lansia yang masih produktif menghasilkan kuliner tradisional, jamu, kerajinan tangan, dan kerajinan wayang beber. Semua kegiatan ini sangat bermanfaat dan menunjukkan  lansia bisa produktif, asal selalu didorong dan dibantu agar mandiri,” kata Triatmo.

Usai kegiatan pencanangan, Ketua Tim PKK Surakarta Selvi Ananda beserta rombongan meninjau stand penjualan produk lansia Kelurahan Baluwarti dan membeli kuliner dan kerajinan yang dijajakan. (*/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news