alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Polsek Pasar Kliwon Sediakan Antar Jemput Lansia ke Tempat Vaksinasi

10 Juni 2021, 03: 00: 59 WIB | editor : Perdana

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pasar Kliwon mengantar lansia untuk divaksin di Puskesmas Gajahan, Rabu (9/6).

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pasar Kliwon mengantar lansia untuk divaksin di Puskesmas Gajahan, Rabu (9/6). (M. IHSAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi lanjut usia (lansia) menemui sejumlah tantangan. Di antaranya, tidak sedikit lansia yang kesulitan menuju lokasi vaksinasi karena tidak memiliki kendaraan maupun tidak ada yang mengantar.

Merespons kondisi tersebut, Polsek Pasar Kliwon mengerahkan anggota bhabinkamtibmas menjemput lansia ke rumahnya, lalu mengantarkan ke lokasi vaksinasi.

Seperti dilakukan Aiptu Joko Handoyo, Aiptu Sugiyanto, dan Bripka Bayu Anugrah, Rabu (9/6). Selesai apel pagi di Mapolsek Pasar Kliwon, mereka langsung memacu kendaraan dinasnya menuju rumah seorang lansia dan mengantarkannya ke Puskemas Gajahan sebagai salah satu lokasi vaksinasi di Kecamatan Pasar Kliwon. 

Baca juga: Baluwarti Jadi Kelurahan Ramah Lansia, Wawali: Lainnya Jangan Latah

Bukan hanya mengantar, anggota bhabinkamtibmas menuntun lansia menuju ruang vaksinasi. Selesai divaksin, lansia segera diantar pulang. 

“Banyak kendala yang dialami lansia di Kelurahan Kauman dalam menjalani vaksinasi. Salah satunya karena tidak ada yang mengantar. Keluarganya sibuk bekerja,” ungkap Sugiyanto

Dalam sehari, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pasar Kliwon bisa mengantarkan dua sampai tiga orang lansia pulang pergi untuk vaksin. “Kami rela dan ikhlas membantu warga agar program vaksinasi Covid-19 cepat selesai. Warga bisa mengubungi kami untuk diantarkan suntik vaksin," terangnya. 

Sugeng, salah seorang lansia Kecamatan Pasar Kliwon mengaku sangat terbantu dengan layanan antar jemput bhabinkamtibmas. Dia tidak bisa segera menuju Puskesmas Gajahan karena sepeda motor rusak dan anak sibuk kerja.

"Saya sudah lama ingin divaksin, tetapi tidak ada yang mengantarkan. Sepeda motor di rumah rusak," ungkap Sugeng.

Kapolsek Pasar Kliwon Iptu Achmad Ridwan Prevoost menjelaskan, layanan antar jemput tersebut guna memudahkan lansia mengakses vaksi Covid-19.

Bagi masyarakat yang butuh bantuan antarjemput untuk vaksinasi, imbuh Achmad, bisa menghubungi polsek atau anggota bhabinkamtibmas. 

"Kami minta anggota juga keliling. Berkomunkasi dengan satgas jogo tonggo untuk mencari apakah ada lansia yang belum vaksin karena kendala transportasi," jelasnya. (atn/wa/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news