alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Features
icon featured
Features

Effy Indratmo Tampilkan Tantangan 35 Tahun Berkarya

10 Juni 2021, 10: 21: 58 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

BERKELAS: Karya seni Effy Indratmo dipamerkan di Taman Budaya Jawa Tengan, Rabu (9/6).

BERKELAS: Karya seni Effy Indratmo dipamerkan di Taman Budaya Jawa Tengan, Rabu (9/6). (M. IHSAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Bergelut selama 35 tahun di bidang seni, Effy Indratmo, mantan dosen Jurusan Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memamerkan sejumlah karyanya di galeri seni rupa Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Rabu (9/6). Terdapat 45 karya yang terdiri dari seni patung, relief, serta kolase dikemas secara apik.

"Dilihat gayanya memang lekuk-lekuk. Oleh kurator, saya diberi nama galur yakni lekuk memanjang. Filosofinya menurut saya, selama 35 berkarya, tentu banyak menemui tantangan," katanya.

Pameran ini merupakan kesempatan bagi Effy melakukan pameran tunggal. Sekaligus penanda bahwa sudah purnatugas. "Saya pribadi mengajar sekaligus berkarya. Mencontohkan tidak hanya teori, namun juga praktik. Yang saya tampilkan hanya 45 karya. Sebenarnya lebih dari itu, bisa capai 65 karya. Namun ada beberapa karya yang dikoleksi teman dan instansi. Ada juga yang tidak dipasang sebab tidak cukup ruang," beber Effy.

Baca juga: KAI Bakal Gelar Seminar Hukum Nasional Bahas Keberadaan Pinjol

Karya Effy dimulai dari bahan kayu. Di antaranya jati, mahoni, sonokeling, dan akasia. Dalam membuat karya, Effy terlebih dahulu membuat sketsa baru mencari bahan yang cocok. Tapi terkadang malah menemukan bahannya dulu, baru membuat sketsa.

Ada pula karya dari pipa paralon yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya seni indah. "Dalam proses penggarapan, pasti punya bekal sense of beauty. Bagaimana menyusun komposisi dan proporsi. Setelah itu beralih merakit logam dan lempengan," terang dia.

Selain teknik menatah dan merakit, Effy juga menguasai teknik menganyam, mengelas, dan menyambung. Dia juga mahir dalam teknik pewarnaan secara alami. (nis/wa/dam)

(rs/bram/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news