alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Gelar Tes Swab Antigen Dadakan, 5 Pedagang Asal Jepara Positif Korona

10 Juni 2021, 13: 02: 20 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

DADAKAN: Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kecamatan Pasar Kliwon gelar tes swab dadakan di Pasar Cinderamata untuk pedagang luar kota.

DADAKAN: Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kecamatan Pasar Kliwon gelar tes swab dadakan di Pasar Cinderamata untuk pedagang luar kota. (A. CHRISTIAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Lima orang pedagang sandang asal Kabupaten Jepara dibawa ke Asrama Haji Donohudan, Kamis (10/6) pagi kemarin untuk menjalani karantina. Pasalnya mereka dinyatakan positif korona dari hasil swab antigen dadakan yang dilakukan Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kecamatan Pasar Kliwon di Pasar Cendramata.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Solo, kelima orang ini diangkut ambulance Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta menuju Donohudan dengan pengawalan dari pihak kepolisian. Tak berhenti dari situ saja, mobil serta barang bawaan milik mereka juga disemprot dengan cairan desinfektan.

Dijumpai dilokasi, Kapolsek Pasar Kliwon, Iptu Achmad Riedwan Prevoost menjelaskan awalnya pihak Satgas mengadakan tes swab antigen dadakan dengan menyasar para pedagang luar kota yang biasanya mengedrop barang.

Baca juga: Wakapolres Baru, Kompol Kamiran Harus Cepat Adaptasi

"Tes swab antigen kita adakan didua titik, yang pertama disini (Pasar Cendramata), kemudian yang kedua di pasar kacamata yang ada didepan Polsek Pasar Kliwon," katanya.

Kapolsek menjelaskan. setiap titik ada 25 orang yang diambil sebagai sampel. Di Pasar Kacamata, Alhamdulilah hasilnya negatif semua. Kemudian di pasar cenderamata dari 25 orang, ternyata ada 3 yang hasilnya positif. "3 orang pedagang yang positif ini sama-sama dari Jepara," jelas Prevoost. 

Mendapati hal tersebut, lanjut Kapolsek, pihaknya langsung melakukan tes serupa dengan tiga orang yang satu mobil dengan tiga orang yang telah dinyatakan terkonfirmasi terpapar virus. "Dari tiga yang dites tersebut, kemudian 2 juga positif. Sedangkan 1 yang merupakan sopir hasilnya justru negatif," ujarnya.

Dari situ, lima pedagang ini langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan, sedangkan yang negatif diperbolehkan pulang. Namun diminta untuk menjalankan isolasi mandiri dan melapor ke Satgas Covid Jepara untuk penanganan selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pasar Disdag Kota Surakarta, Sugeng Budi Prasetyo mengatakan belum bisa mengambil keputuan dengan ada temuan ini. Pihaknya masih harus melaporkan temuan tersebut pada pimpinan dan Satgas Percepatan Penanganan Covid Kota Surakarta untuk kebijakan selanjutnya.

"Apakah nanti akan dilakukan swab masal untuk seluruh pedagang disini atau ada pembatasan bagi pedagang luar kota, mengingait kegiatan drop barang ini rutin tiga kali seminggu kita tunggu kebijakan pimpinan," ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Sugeng, upaya pencegahan juga terus dilakukan antara Disdag dengan Lurah pasar guna penerapan protokol kesehatan.

"Seperti pembeli dan pedagang yang kita minta jaga jarak, penyemprotan disinfektan, penggunaan masker dan lainnya. Perlu jadi catatan kalau kasus ini berasal dari luar, bukan pedagang internal pasar," pungkasnya (atn/dam)

Infografis :
Jumplah pedagang yang di Swab : 50 Orang
Hasil :
45 Orang  ( - ) Negatif
5   Orang  ( + ) Positif
Identitas pedagang yang ( + )
1. Nama       : Muqorobin
     Ttl           : Jepara 07 Maret 1965
     Alamat     : Kriyan Rt 05 Rw 01, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara.
     Pekerjaan : Swasta
2. Nama        : Ahmad Khudzavi
     Ttl            : Jepara 24 Mei 1991
     Alamat      : Robayan Rt 024 Rw 003, Kel. Robayan Kab Jepara.
     Pekerjaan  : Swasta.
3.  Nama        : Jauhri Nur
     Ttl             : Jepara 25 Februari 1983
     Alamat       : Robayan Rt 23 Rw 03, Kec. Kalinyamatan Kab Jepara.
     Pekerjaan   : Swasta.
4. Nama          : Fahmi
     Ttl             : Jepara 03 Januari 1998
     Alamat       : Kriyan  Rt 04 Rw 01, Kec. Kalinyamatan Kab Jepara.
     Pekerjaan   : Swasta
5. Nama          : Ahmad Rizki
     Ttl             : Jepara 24 Januari 1988
     Alamat       : Kriyan Rt 15 Rw 03, Kec. Kalinyamatan Kab Jepara.
     Pekerjaan   : Swasta.

(rs/atn/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news