alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Pemkot Surakarta Canangkan Baluwarti sebagai Kelurahan Ramah Lansia

11 Juni 2021, 09: 18: 04 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

JAGA IMUN: Lansia mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 belum lama ini.

JAGA IMUN: Lansia mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 belum lama ini. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pembinaan kesehatan dan produktivitas lanjut usia (lansia) di Baluwarti, Pasar Kliwon mendorong wilayah setempat sebagai kelurahan ramah lansia.

Lurah Baluwarti Danang Agung mengatakan, program untuk lansia di kelurahannya antara lain Lansia Mandiri yang bergerak pada pembinaan dalam hal ekonomi produktif dan Lansia Sejahtera yang lebih fokus pada kualitas kesehatan.

"Pembinaan lansia agar terus produktif dengan produk UMKM dan sebagainya. Kemudian untuk kesehatan lansia, ada senam lansia, posyandu lansia, hingga percepatan vaksinasi," jelasnya belum lama ini.

Baca juga: Tekad Ratih Rachmatika Kembangkan Siaga Air Bersih

Kelompok lansia yang terkategori rawan tertular Covid-19 menjadikan Kelurahan Baluwarti menggencarkan sosialisasi dan edukasi. "Di Baluwarti terdapat 702 lansia. Saat ini sudah 461 yang tervaksinasi. Sisa 241 dalam penjadwalan percepatan vaksinasi," ujar Danang.

Ketua Lansia Sejahtera Kelurahan Baluwarti A. Santoso menambahkan, produktivitas lansia di kelurahan setempat tidak lepas dari kegiatan tradisi yang sudah dilakukan secara turun temurun. Seperti membuat jamu tradisional, kerajinan tangan, wayang beber, dan sebagainya.

"Ini kemudian dipromosikan oleh pemerintah dalam berbagai kegiatan baik wisata maupun event lainnya," ucap dia. (ves/wa/dam)

(rs/ves/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news