alexametrics
Minggu, 13 Jun 2021
radarsolo
Home > Solo
icon featured
Solo

Bersama Cegah Kasus Stunting

11 Juni 2021, 09: 31: 32 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

DIBEDAH: Seminar kesehatan yang digelar The Sunan Hotel Solo belum lama ini.

DIBEDAH: Seminar kesehatan yang digelar The Sunan Hotel Solo belum lama ini. (SEPTINA FADYA PUTRI/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pencegahan stunting pada anak perlu kolaborasi berbagai pihak. Sebab, masalah kesehatan tersebut muncul sebagai dampak. Bukan sebuah penyebab. Maka, upaya mencegah stunting menjadi tanggung jawab bersama.

"Ibu hamil hidup dalam lingkungan yang kurang sehat. Dari kontraktor bisa membantu plesterisasi atau membantu pembuatan gentIng kaca. Bisa juga membantu membuat selokan atau mandi cuci kakus (MCK) di kawasan permukiman. Dari perbankan bisa memberikan bantuan berupa perbaikan lingkungan. Intinya, semua pihak ikut terlibat," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih dalam seminar kesehatan yang diselenggarakan The Sunan Hotel Solo belum lama ini.

Ning, sapaan akrab Siti Wahyuningsih menjelaskan, stunting adalah gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis. Terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan. Pencegahan stunting dapat dilakukan di antaranya dengan perbanyak makanan bergizi sejak dalam kandungan dan kecukupan gizi remaja perempuan.

Baca juga: Pemkot Surakarta Canangkan Baluwarti sebagai Kelurahan Ramah Lansia

"Agar ketika mengandung tidak kekurangan gizi. Selain itu juga, kebersihan lingkungan untuk menciptakan sanitasi dan air bersih," sambungnya.

General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari mengatakan, keberlangsungan bangsa dan negara ke depan bergantung pada generasi penerus. Tidak hanya sehat fisik dan rohani, tapi juga berakhlak, serta cerdas. Menurutnya, fenomena stunting merupakan penghambat atas tujuan utama tersebut.

"Perusahaan dan pemerintah dapat bergandengan tangan mencegah stunting sejak dini," imbuhnya.

Sekadar informasi, seminar kesehatan tersebut diselenggarakan The Sunan Hotel Solo  bekerja sama dengan RS JIH (Jogjakarta International Hospital) Solo dalam rangka corporate social responsibility (CSR) bidang kesehatan. Selain seminar kesehatan, kegiatan ini juga memberikan fasilitas cek kesehatan dan konsultasi dokter secara cuma - cuma bagi peserta. (aya/wa/dam)

(rs/bram/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news