25 C
Surakarta
Sunday, 4 December 2022
HomeTekno & OtoOtomotif Jurnalis Jateng Ditantang Susun Komponen Fitur Keselamatan Motor Honda

 Jurnalis Jateng Ditantang Susun Komponen Fitur Keselamatan Motor Honda

-

RADARSOLO.ID – The 3 Joys adalah bagian dari filosofi Honda, selain respect for human life, The 3 Joys menguraikan tiga pengalaman penting yang dapat dinikmati setiap individu yang menjadi bagian dari Honda. Dari pengalaman itulah menjadi dasar Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah mengajak para jurnalis untuk turut merasakan Joy of Creating. Yaitu menciptakan dari individu yang terlibat dalam perancangan, pengembangan, rekayasa, dan pembuatan beserta perawatan produk Honda menyadari adanya rasa kegembiraan.

Sejumlah 30 jurnalis dari berbagai media online dan media cetak di seluruh Jawa Tengah diajak berlomba menyusun komponen dari fitur keselamatan, keamanan dan performa. Komponen yang disediakan merupakan bagian sistem dari fitur-fitur sepeda motor Honda yaitu Anti-lock Brake Ssystem (ABS), Combine Brake System (CBS), Assist and Slipper Cluth, dan Piston Set.

Menyusun komponen part ini seperti halnya menyusun puzzle, di mana jika pertemuan antara kedua bagian tidak sesuai maka tidak bisa dipasang. Setiap peserta diberikan waktu 120 detik dan dinilai dari ketepatan penyusunan masing-masing part, sehingga siap dirakit ke komponen terkait selanjutnya. Kecepatan menyelesaikan akan mendapat bonus waktu dan kerapian.

Selain menciptakan keseruan dan kegembiraan bagi peserta sembari menunggu pengumuman pemenang Astra Motor Journalist Competition tahun 2022 ini, peserta dari berbagai latar belakang bisa menyentuh bahkan merakit komponen. Di mana selama ini hanya mereka pelajari melalui presentasi dan tulisan mengenai manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dari fitur tersebut untuk pengendara Honda.

Antusiasme peserta terlihat saat mereka selesai menyaksikan peragaan pemasangan oleh Agung Aprianto, Instruktur Training Mekanik Astra Motor Training Center Semarang. Apalagi hal ini jarang mereka temui sebelumnya. Dengan menyaksikan tayangan video peragaan penyusunan part tersebut, peserta merasa sangat percaya diri bisa merakit walau belum memiliki pengalaman.

Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng menyampaikan, saat melihat peragaan pemasangan, peserta menjadi sangat percaya diri. Ya, pemasangan itu memang terlihat mudah karena diperagakan oleh instruktur yang telah bersertifikasi dan memiliki pedoman asal pabrikan agar menjaga kualitas hasil perbaikan

“Manfaat dari lomba ini memberikan pengalaman kepada peserta bahwa Honda mampu menciptakan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan smart, tanpa harus memiliki konstruksi yang rumit dan perawatan khusus. Terbukti peserta mampu memiliki nilai yang tinggi, bahkan penantang dari jurnalis wanita pun bisa melakukannya,” tutup Oke. (*/ria)

Berita Terbaru

/